Sastra Budaya

Kamis, 04 November 2010

Kehidupan

Kahuripan iku seloka loka dharma. Arti dari seloka loka dharma betul betul mewarnai pembahasan kehidupan. Seloka loka dharma sungguh memiliki beberapa arti yang bermuatan kiasan. Berikut terurai beberapa arti dan kiasannya. 1) Seloka artinya setempat/barang berhaga/teka-teki. 2) Loka artinya tempat/bagus/suasana. 3) seloka loka berarti tumpukan hiasan (emas, intan, berlian), banyak teka-teki, satu tujuan banyak penempatan, dan berarti suatu tempat yang banyak keindahan, berlimpah limpah, berupa rupa ragamnya. Dharma diartikan kewajiban atau bhakti.
Kaum penghayat jawa kuno memang sangat dominan dengan bahasa khiasan atau yang sering disebut seloka. Hal ini memang sengaja demi menghindari ketersinggungan kepada mitra bicara, serta saling mengingatkan ulah rasa persaan, terutama kepada generasinya. Seloka adalah bahasa rasa perasaan sehingga sangat murni(pure) tetapi penuh arti. Orang jawa kuno mendapat mendapat bahasa seloka biasanya bersumber dari bisikan sang Sukma pada tiap tiap manusia itu sendiri.
Kenyataan dari ketepatan khiasan kehidupan di atas adalah terbukti masyarakat yang sering mengatakan bahwa kehidupan itu "Indah, anugrah, berupa ragam, hiasan dan sebagainya". Sering juga di kalangan masyarakat mengatakan zaman keemasan, itulah salah satu bukti bahwa kata khiasan di atas masuk nominasi penafsiran masyarakat selama ini.  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar